Insentif Untuk Guru Non PNS di Lingkungan Kementerian Agama

Pada tanggal 3 Januari 2018, Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan KMA Nomor 1 Tahun 2018 tentang Insentif Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Pada Kementerian Agama. Guru Non PNS di lingkungan Kementerian Agama merupakan sosok penting dalam sistem pendidikan di madrasah khususnya di Indonesia. Tanpa jasa seorang guru non PNS, mungkin banyak madrasah tidak dapat menjalalankan proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal.

Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi, peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Untuk itu, guru non PNS di lingkungan kementerian agama sudah sepatutnya untuk diperhatikan sebab guru non PNS merupakan sayap penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya KMA Nomor 1 Tahun 2018 dapat memberikan motivasi, semangat pengabdian serta profesionalisme sebagai seorang pendidik.


Adapun isi dari Keputusan Menteri Agama tersebut 
  1. Memberikan insentif bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian Agama; 
  2. Menetapkan insentif sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu sebesar, Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulan;
  3. Insentif sebagaimana dimaksud dalam diktum kedua dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja negara kementerian agama;
  4. Tata cara pemberian insentif sebagaimana dimaksud dalam diktum kedua, ditetapkan oleh Direktur Jenderal;
  5. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Semoga dengan intensif ini guru guru non PNS di madrasah dapat bekerja secara maksimal dengan adanya surat keputusan yang mengikat dengan harapan keputusan tersebut kedepannya disesuaikan dengan perkembangan zaman dan dapat meningkat dari tahun ke tahun demi kesejahteraan guru guru non PNS yang mengabdi bertahun-tahun dalam mendapatkan kesetaraan.

Untuk lebih jelasnya download KMA Nomor 1 Tahun 2018 tentang Insentif Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Pada Kementerian Agama.

0 komentar:

Post a Comment