Cara Tambah Siswa di Simpatika

Halo sahabat guru/operator. Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan cara untuk menambah siswa di simpatika. Penambahan siswa baru biasanya terjadi pada awal tahun pelajaran. Atau bisa juga siswa tersebut pindah dari sekolah atau madrasah lain. Kami ingin berbagi pengalaman dalam menambahkan siswa baru di madrasah.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dijadikan panduan dalam menambahkan siswa baru di madrasah per siswa satu per satu bukan unggah data siswa kolektif.

Pertama, kita buka dulu browser google atau mesin pencari lain misalnya yahoo, bing, duckduckgo, yandex, geevv ataupun yang lainnya. Bila kita sudah membuka web browser google maka akan muncul tampilan :


Setelah muncul tampilan browser di atas kemudian kita tulis simpatika (lihat tanda panah di atas). Maka akan muncul tampilan :


Pada tampilan gambar di atas, bila bapak/ibu ingin mengedit atau menambah data siswa maka alangkah lebih baiknya kita klik simpatika-siap online maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini :

Setelah muncul tampilan di atas, langkah selanjutnya adalah memasukkan (1) nuptk kepala madrasah sebagai operator kemudian masukkan pula (2) kata sandinya dan tekan/klik masuk maka akan muncul tampilan :


Pada tampilan gambar di atas kita disajikan fitur layanan padamu negeri yang terdiri dari sekolah dan web sekolah. Layanan Simpatika terdapat Madrasah dan PTK. Untuk menambah siswa maka kita pilih/klik pada menu madrasah (lihat tanda panah di atas). Maka akan muncul tampilan :


Pada dashbord tampilan di atas terdapat berbagai menu, ada beranda, sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, siswa dan alumni, publikasi dan dokumen, EDS, program dinas, dan panduan. pilih/klik pada menu Siswa dan Alumni maka akan muncul :


Setelah muncul tampilan gambar di atas, perhatikan pada layar bagian kiri yang terdapat fitur siswa, alumni, dan mutasi. Silahkan pilih siswa maka akan muncul tampilan disebelahnya silahkan pilih/klik daftar siswa maka akan muncul tampilan :


Gambar tampilan di atas merupakan dasbor siswa yang berisi data siswa yang ada di madrasah bapak/ibu. Tujuan kita adalah menambahkan data siswa maka kita pilih/klik pada tanda (+) siswa baru (lihat tanda panah di atas) setelah kita klik maka akan muncul :


Data siswa baru di atas harus di isi lengkap oleh kepala madrasah atau operator, dari nama lengkap, memilih jenis kelamin, tempat lahir, memilih tanggal lahir, memilih tahun masuk, memilih tingkat, nomor induk siswa nasional, dan nomor induk yang berlaku internal di madrasah kemudian centang selanjutnya  saya ingin melengkapi biodata siswa di atas lalu kita simpan.

Gampang bukan cara tambah siswa di simpatika. selamat mengerjakan.

0 komentar:

Post a Comment