Kalender Pendidikan Madrasah 2018-2019 Jawa Tengah

Kalender pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pendidikan, khususnya untuk lembaga pendidikan. Berjalannya proses pembelajaran di lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kalender pendidikan. Dengan kalender pendidikan sebuah lembaga pendidikan dapat menjalankan proses pendidikan baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pendidikan dalam kurun waktu satu tahun pelajaran.


Kalender pendidikan yang selanjutnya disingkat menjadi kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur (Keputusan Kemenag Jateng Nomor 1701 Tahun 2018, Bab I Pasal 1).

Kaldik sebagaimana dijelaskan diatas dapat digunakan pula untuk menjelaskan rencana kerja tahunan madrasah yang meliputi jadual pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstra kurikuler, dan hari libur yang dijadikan panduan terlaksananya proses pendidikan di madrasah. 

Pendidikan sebagaima yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, kaldik menjadi sangat penting sebagai salah satu perencanaan dalam satu tahun pelajaran ke depan agar dapat terwujud cita-cita pendidikan yang termaktub dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 supaya peserta didik yang mampu memiliki kecerdasan baik itu kecerdasan kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya.

0 komentar:

Post a Comment