OPERATOR MADRASAH

VERVAL NISN PDKEMENAG

Seperti diketahui pihak PDSP beberapa pekan yg lalu meluncurkan aplikasi verifikasi dan validasi peserta didik. Dari yang sederhana hingga munculnya bermacam menu seperti edit data dan unmatch PD. banyak operator kebingungan dengan masalah verval peserta didik ini, karena adanya perubahan menu-menu tersebut. termasuk kaitannya dengan Nomor Induk Siswa Nasional terutama NISN siswa yang lulus. Bagaimana cara perubahan data yang tidak sesuai seperti nama yang salah, tanggal lahir, tempat lahir serta nama Ibu kandung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan tutorial mengenai cara verval PD/NISN yang aplikasi onlinenya baru saja diluncurkan oleh pihak PDSP.  Untuk verval PD kali ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian karena jika dijadikan satu cukup banyak. 

 

Lihat gambar diatas, Ada beberapa tab yang barangkali teman operator masih bingung. Berikut beberapa penjelasannya:

Tab Home
tab ini memuat progress harian hasil verifikasi dan validasi di tab residu, akan terlihat perbandingan data residu dengan data referensi. 

Tab Referensi
Tab referensi adalah data yang telah valid dan sudah ber NISN termasuk siswa yang sudah lulus tahun lalu (sekarang kelas 7). Anda bisa mengcopynya ke format excel. penjelasannya di bawah. 
Mengapa cuma sebagian kelas 1 yang ada di tab referensi ini? Kemungkinan penyebabnya masih diproses, bisa juga karena adanya ketidakkonsistenan data. yang harus kita verifikasi di tab Residu.
Di Tab referensi memuat data nama-nama siswa perkelas beserta NISN, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, dan jenis kelamin. Siswa kelas 1 yang ada di sini adalah siswa yang tidak naik pada tahun sebelumnya.
 

Untuk memudahkan ada baiknya menampilkan jumlah siswa maksimal ke angka 50. Klik tanda panah kecil di "page size" akan muncul pilihan angka 10, 20 dan 50.

Tab Residu

Tab
 residu adalah data yang perlu anda verifikasi dan validasi datanya.

~ klik pada nama siswa nanti akan muncul nama nama yang ada di bawahnya, nah data nama yang ada dibawah ini ada data dari PDSP sedangkan yang diatas adalah data dari dapodik.

~ Apabila data tidak sama dengan data di dapodik maka klik tombol no match dan apabila datanya tinggal klik match saja tapi pelajari dulu nama yang tidak sama.

Tab Edit Data

Tab ini baru saja diupdate oleh pihak PDSP, fungsinya untuk mengubah nama siswa dan tanggal lahir siswa (YANG SUDAH MASUK DI TAB REFERENSI) seperti . Cara menggunakannya klik tab edit data pilih nama siswa, klik ikon pensil berwarna orange, maka tersedia menu untuk mengubah nama siswa dan tanggal lahir, Klik Update untuk mengubah, dan cancel untuk membatalkan. YANG PERLU DIPERHATIKAN adalah susunan penanggalan, di sini didahului oleh bulan, tanggal lahir kemudian tahun lahir.

Tab Unmatch.

tab ini muncul jika kita membuka tab referensi, fungsinya untuk mengnembalikan data dari tab referensi ke dalam tab residu.

3. Tab System > logout digunakan untuk keluar dari
 web verval peserta Didik.



Bagaimana cara kerjanya? Saya juga agak bingung awalnya. namun berdasarkan pemahaman mandiri berikut penjelasan yang bisa saya berikan.
 


Dalam tab residu memuat nama-nama siswa yang belum memiliki NISN Tab residu lah yang harus operator kerjakan dengan cara mencari atau menyesuaikan data yang ada dengan di aplikasi dapodikdas. Dalam tabel residu ini adalah siswa yang belum punya NISN, sudah punya NISN namun memiliki data yang diperkirakan ganda di server PDSP.
 


pada tab residu ada siswa bernama Dimas Cahyo Setianto Siswa kelas 6 . Nama Siswa ini tidak ada di tab referensi, Saat saya klik Tab residu, Klik nama ybs. Akan muncul nama yang mirip Dimas Cahya Setianto. Nah di sinilah tugas kita dalam memverifikasi dan validasi siswa tersebut, karena ada data ganda di server PDSP. untuk Nama Dimas Cahyo Setianto adalah nama yang sesuai di aplikasi dapodikdas, sedangkan di server PDSP terdapat 2 nama yang hampir sama. Dimas Cahyo Setianto dan Dimas Cahya Setianto. Caranya:

1. Klik nama Siswa, tunggu beberapa saat, akan muncul nama yang agak berbeda,
 
2. lihat apakah ada kesamaan tanggal lahir dan nama Ibu kandung serta tempat lahir. 

3. Jika Ya,  centang pada nama yang mirip dibawahnya, 
4. lalu klik Match, tunggu loading beberapa saat, (ini proses pengiriman data ke server) verifikasi dan validasi untuk siswa
 Dimas Cahyo Setianto Siswa kelas 6 selesai. 


Verifikasi dan validasi / verval peserta didik

Atau kalau lebih jelas bisa dilihat paparan di bawah ini:
1. Pilih / Klik salah satu siswa di tab residu
2. Jika muncul nama yang mirip centang nama siswa tersebut, (lihat gbr di bawah)
 
3. Klik Match, Match di sini artinya cocok, tujuannya untuk menghapus data di tab residu agar dapat masuk di tab Referensi

Sekarang lihat setelah di klik Match nama siswa yang mirip tadi akan hilang/kosong dan muncul di tab referensi, di tab Home akan muncul progress verval tadi.
 



Setelah proses
 Match selesai, cek di tab Home arahkan ke bagian warna hijau, residu jumlahnya akan berkurang

Tab residu sebelum di verval

Tab residu sesudah di verval
Tab refernsi sebelum di verval

Tab referensi sesudah di verval di tab referensi akan bertambah

Lihat juga jumlah siswa yang berhasil di verval di tab home, pada progress harian.


Tulisan telah disempurnakan menjadi beberapa bagian silakan buka 
1.
 Cara mengubah NISN dan Nama/Tanggal Lahir Siswa
2.
 Penjelasan dan cara menggunakan Menu Konfirmasi Data Verval PD/NISN

Kasus lain untuk NISN siswa kelas 1

Masuk ke tab residu, sebagai contoh nama dibawah adalah Bilal Setiawan siswa kelas 1, Klik siswa tersebut, tidak ada nama dibawahnya alias "no record to display). Anda tinggal klik NOT MATCH, maka secara otomatis akan berpindah ke tab referensi.
 

NISN kelas 1 di tab residu


Lihat hasilnya di Tab referensi NISN atas nama Bilal Setiawan sudah muncul (gbr atas)


Catatan: jika verval gagal saat matching peserta didik, kemungkinan jaringan internet, ataupu server sedang sibuk. coba aja pada jam-jam sepi. hehhe


untuk contoh atau tutorial videonya bisa dilihat di
 verval PD kelas 1 lewat video youtube
untuk siswa kelas 6 lihat di
 video ini

Cara menyimpan hasil
 Verval  Peserta Didik.

1. Buka MS Excel
2. Blok semua cell menjadi format teks
3. Login ke
 VERVAL PD
4. Klik tab Referensi
5. Blok Judul dan Isi dari tab Referensi dan klik kanan Copy
6. Buka MS Excel tadi, klik Paste Special, pilih Teks Unicode, klik OK


Pada kesempatan sebelumnya sy sudah menulis tentang
 verval NISN silakan dibuka disini, namun masih cara tanpa menu2 terbaru. Karena pada aplikasi terbaru ini sudah ada menu baru ; edit data NISN, nama serta tanggal lahir, status pengajuan sperti gbr di bawah:



Selain itu muncul pula menu konfirmasi data dimana menu ini merupakan "senjata pamungkas" untuk memastikan kesesuaian / kevalidan data di Referensi PDSP. Baik yang sumbernya dari dapodik maupun dari arsip database NISN.
 

YANG PERLU DIINGAT!!
NAMA SISWA, IBU KANDUNG, DAN SEMUA DATA di VERVAL INI ADALAH HASIL SINKRONISASI/KIRIM DATA YANG SUKSES YANG TERAKHIR KITA LAKUKAN DI APLIKASI DAPODIK



Yang pertama kita bahas masalah Menu Edit Data

1. Pengajuan Perubahan NISN
Maksudnya adalah pengajuan untuk perubahan NISN, jangan asal mengubah NISN. Pastikan dulu kesesuaian tahun lahir dengan NISN. Kesalahan barangkali terjadi karena kesalahan input data di aplikasi dapodik.
 

2. Pengajuan perubahan nama/tanggal lahir

Ini barangkali yang paling banyak dialami oleh operator, yaitu ketidaksesuaian nama dan tanggal lahir di aplikasi dapodik, dengan dokumen asli siswa ybs. namun di verval ingin kita perbaiki.
 

Caranya arahkan kursor ke Menu Edit data > pengajuan > Klik di Nama dan tanggal lahir

Klik Pilih Siswa, cari siswa yang ingin diubah nama dan tanggal lahirnya. untuk memudahkan tekan keyboard Ctrl dan F secara bersamaan untuk pencarian siswa. Jika sudah ketemu siswanya Klik OK

Sebagai contoh saya akan mengubah nama Siswa Rohana berikut tanggal lahirnya.
 


Masukkan ulang nama siswa yang benar sebenarnya sesuai Akte kelahiran/Kenal Lahir serta tanggal lahir yang benar. Nah yang paling penting dalam pengajuan ini kita
 harus punya hasil SCAN / foto dokumen siswa yang ingin diubah nama dan tanggal lahirnya tadi. Jadi jika kita pake akte kelahiran maka harus punya hasil scan / foto akte kelahiran tadi untuk di upload ke PDSP pada dokumen perubahan. Artinya kita tidak bisa sembarangan mengubah nama dan tanggal lahir tanpa dokumen yang sah. 

Porses Pengajuan perubahan bisa dilihat di menu
 Edit Data > Status
 untuk masalah tab residu sudah dijelaskan di
 verval NISN sebelumnya. 
Namun ada sedikit perubahan, jika dulu dari tab residu selesai proses masuknya langsung ke Tab referensi, jika pada aplikasi terbaru ini, dari tab residu sebagian masuk ke tab konfirmasi data, khususnya siswa yang diperkirakan ganda NISN.
 

Menurut Bp. Taufik Lone, salah seorang admin PDSP sebelum upload lampiran edit data yang harus diperhatikan adalah :
1.      Field tidak boleh kosong
2.      Format File lampiran, JPG, PNG
3.      File tidak melebihi 800Kb

Sedangkan File yang disyaratkan sebagai lampiran diantaranya :


§      Akta kelahiran
§      Surat Kenal Lahir
§      Kartu Keluarga
§      Ijazah (untuk PD SMP/SMA/SMK)
§      SKHUN
§      Atau berkas lain yang Syah menurut Hukum yang berlaku

Catatan :


1.    Apabila File berupa copy dari berkas tersebut diatas, berkas harus di legalisir oleh Kepala Sekolah dan dibubuhi stempel basah,
2.    File lampiran yang di upload, akan segera di Approve/permohonan pengajuan disahkan oleh Admin VervalPD PDSP, apabila file tidak memenuhi ketentuan yang berlaku,
3.    Pengajuan akan di reject/permohonan pengajuan ditolak dan pada menu status akan ada komentar/alasan pembatalan dari Admin verval PDSP

Seperti diketahui ada beberapa tab  menu di verval NISN, yakni referensi, residu, edit data dan konfirmasi data, Menu konfirmasi data adalah menu yang berfungsi untuk memastikan data siswa yang terdapat dalam menu refereni menjadi valid dan sesuai dgn data peserta didik dalam arsip database PDSP. Konfirmasi data akan mengubah data peserta didik yang ada di pencarian NISN individu (pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id) Lihat artikel cara mencari NISN

Sebagai contoh bisa anda lihat pada gambar berikut
 

Pada menu konfimasi data:  ada 2 tab yaitu tab 1 dan tab 2. dan nama-nama siswanya semua termuat di tab referensi juga. Nah tugas operator lah mengkonfirmasi jika nama dan NISN  sudah valid, agar pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id menjadi nama siswa sebenarnya. 
 

Contoh pada tab 2 menu konfirmasi di atas 
nama di laman nisn.data.kemdikbud.go.id adalah Cheyryl jika saya konfirmasi maka di laman tersebut akan berubah menjadi Chairil. 

Gunanya apa? Suatu saat kita atau siswa ybs atau sekolah lanjutannya yang tidak mengetahui tentu bisa melihatnya secara publik, tanpa perlu ke sekolah asal dengan data real.
 



Caranya:
 Jika di tab 2, lihat disebalah kanan ada pilihan unmatch atau confirm, unmatch artinya tidak sesuai dan data siswa akan kembali ke tab residu. confirm artinya cocok dan data akan masuk ke laman nisn.data.kemdikbud.go.id
Jika di tab 1 menu konfirmasi tinggal centang pada siswanya klik OK. Nah bagaimana sudah paham? Ah mudah saja kok. Daan nama-nama dalam konfirmasi data ini baik tab 1 maupun tab 2 ini wajib dikonfirmasi semua agar dapat muncul di laman
 nisn.data.kemdikbud.go.id

Sumber : jetjetsemut.blogspot.com

 

Keaktifan PTK 2014-2015 Semester 2



Proses keaktifan PTK dalam satu sekolah dilakukan secara kolektif berdasarkan ajuan dari Kepala Sekolah ke Dinas. Namun untuk cetak Kartu Digital setiap semester tetap dilakukan mandiri oleh setiap PTK.Catatan : Ajuan kolektif tersebut sekaligus sebagai laporan resmi rekap beban kerja PTK aktif di sekolah ke Dinas setempat. Info selengkapnya dapat Anda lihat disini.  
Untuk Prosedur dan Alur keaktifan PTK dapat Anda lihat disini.
Berikut langkah singkat mencetak kartu digital bagi PTK yang sekolahnya telah diajukan vervalnya oleh Kepala Sekolah dan telah disetujui ajuan vervalnya oleh Dinas :
1. Login sebagai PTK pada http://padamu.siap.web.id/ .
2. Silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan Padamu PTK jika telah berhasil login.

padamu ptk
3. Pada halaman dasbor PADAMU PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar. status keaktifan
4. Klik Info Mengajar untuk melihat Riwayat Mengajar Anda. klik info mengajar
Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiap portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah. Catatan : harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas pada semester 2 TP. 2014/2015 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai dasar entri ke sistem Padamu Negeri). Klik untuk melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Berikut contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda.
pop-up riwayat mengajar





5. Unggah foto Anda, klik Unggah Foto. klik unggah fot
Pilih file foto dari media penyimpanan komputer Anda. File yang dapat diunggah adalah file JPG, PNG, dan GIF dengan ukuran maksimum yang diijinkan 250 X 400 pixel. unggah foto
6. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio, periksa portofolio Anda.
Klik Periksa Portofolio
Jika ada yang harus disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK. pop up portofolio PTK
7. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan Portofolio untuk periode Tahun Ajuran 2014-2015 Semester 2. klik aktifkan portofolioptk berhasil di aktifkan





klik cetak

Baca Sumber : http://bantuan.siap-online.com



Sebelum melakukan Keaktifan Kolektif PTK (S25a), silakan perhatikan hal-hal berikut:
  1. Pastikan semua PTK telah melakukan prosedur ajuan aktif di login masing-masing (Bintang 4 Kuning).
  2. Data beban tugas mengajar setiap Guru yang tertulis di dokumen ajuan Keaktifan Kolektif (S25a) otomatis diisikan oleh sistem berdasarkan isian Jadwal Kelas Mingguan.
  3. Cetak ajuan Keaktifan Kolektif hanya bisa dilakukan oleh login Kepala Sekolah masing-masing. Untuk itu pastikan sekolah Anda telah meiliki KS aktif baik definitif atau Plt. Pengaktifan KS hanya bisa dilakukan oleh Admin Dinas.
  4. Setelah dicetak harap diparaf oleh setiap PTK sebagai tanda bukti persetujuan dari setiap PTK sebelum diajukan ke Admin Dinas.
  5. Admin Dinas akan mencetak S25b sebagai Tanda Bukti penerimaan ajuan keaktifan kolektif S25a.
  6. Setelah Admin Dinas menyetujui (S25b) maka setiap PTK dapat mencetak Kartu Digital GTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui login PTK masing-masing.
  7. Setelah Admin Dinas menyetujui (S25b) maka data riwayat mengajar setiap Guru dipermanenkan otomatis oleh sistem. Silakan cetak Portofolio masing-masing untuk melihat detil riwayat mengajarnya di semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berikut panduan singkat ajuan Keaktifan kolektif oleh Kepala Sekolah :
1. Pilih Login PTK pada http://padamu.siap.web.id/
2. Setelah berhasil login, pilih layanan PADAMU PTK.
3. Selanjutnya, pada beranda Kepala Sekolah akan ditampilkan data status keaktifan. Pastikan Anda telah memenuhi syarat dan prasyarat untuk melakukan ajuan verval keaktifan.
– Klik disini untuk melihat Panduan Pengisian EDS SISWA.
– Klik disini untuk melihat Panduan Upload Data Siswa
– Klik disini untuk melihat Panduan Keaktifan PTK untuk semester 2 (pastikan guru/staff telah mengaktifkan data PTKnya).
4. Jika prasyarat diatas telah terpenuhi (centang hijau), klik Ajukan Verval. beranda-status keaktifan 
Keterangan :
1. Klik untuk memilih sekolah (bagi Kepsek yang bertugas sebagai kepala sekolah didua atau lebih sekolah)
2. Klik untuk ajuakan verval
5. PTK Berhasil Diaktifkan untuk periode Tahun Ajaran 2014 / 2015 semester 2 & Ajuan Keaktifan PTK Sekolah Anda telah berhasil disimpan. Silakan menekan tombol “Cetak” untuk mencetak tanda bukti pengajuan VerVal Sekolah Anda.
cetak
6. Untuk mencetak ulang ajuan maupun membatalkan ajuan verval, silakan klik pada tombol seperti pada gambar dibawah ini.
batal atau cetak ulang ajuan
7. Berikut contoh lembar formulir Surat Ajuan Keaktifan PTK Kolektif (S25a). 
s25a-1
s25a-2
8. Serahkan lembar S25a tersebut ke Dinas setempat untuk disetujui ajuan Anda. (Pastikan tiap lembar tersebut telah dibubuhi tanda tangan kepala sekolah dan distempel).
9. Jika ajuan verval keaktifan Anda telah disetujui dinas (lihat panduannya disini), silakan Cetak kartu digital Anda dan himbau PTK yang ada disekolah Anda untuk cetak kartu digital GTK pada dasbor akun PTK masing-masing (Klik untuk melihat panduan cetak kartu digital semester 2).
cetak kartu
Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi : http://bantuan.siap-online.com
https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://sim.siap-online.com/ 

0 komentar:

Post a Comment